Defanie Arianti - Okezone
Senin, 1 Agustus 2011 11:48 wib
 
detail berita
Tingkat kecerdasan manusia diklaim tidak bisa berkembang lagi (ilustrasi: Google)
LONDON - Setelah berhasil menciptakan berbagai inovasi dan teknologi canggih, sejumlah ilmuwan mengklaim bahwa kapasitas otak manusia telah mencapai batas maksimal dan tidak bisa lagi berkembang lebih jauh.

Hal itu diungkapkan para ilmuwan dari Cambridge University yang telah menganalisa struktur otak manusia dan mencari tahu berapa banyak energi yang telah digunakan oleh sel-selnya. Mereka pun berpikiran bahwa kecerdasan manusia bisa jadi telah mencapai puncaknya.

"Kami telah mendemonstrasikan bahwa otak harus mengkonsumsi energi agar bisa berfungsi dan kebutuhan ini berarti turut membatasi performa otak," jelas Simon Laughlin, salah seorang profesor neurobiology, sebagaimana dikutip Daily Mail, Senin (1/8/2011).

"Kemampuan untuk menyimpulkan sebuah pemikiran membutuhkan banyak energi karena ketika mencari hubungan pemikiran baru, otak harus terus menghubungkan informasi dari sumber-sumber yang berbeda," tambah Laughlin.

Sementara itu, ilmuwan lain mengklaim bahwa serat-serat yang menghubungkan area-area berbeda dalam otak tidak lagi bisa berkembang menjadi lebih baik. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan kecerdasan di atas rata-rata memiliki kinerja lebih baik dalam menghubungkan informasi, di mana pesan-pesan itu dibawa dengan sangat cepat.

Namun menurut para ilmuwan, proses itu membutuhkan energi ekstra yang sangat besar agar kinerja otak menjadi lebih efisien. Mereka mengklaim bahwa mustahil bagi manusia untuk menyediakan lebih banyak energi, karena itu manusia tidak lagi bisa menjadi lebih cerdas.

Asisten profesor dari psikiatri di Utrecht Martin van den Heuvel menambahkan, "Meningkatkan kemampuan otak akan mengakibatkan peningkatan konsumsi energi yang tidak proporsional."

"Sedikit berisiko untuk memprediksi masa depan, tapi jelas bahwa tingkat intelejensi manusia menghadapi batasan-batasan yang ketat," tuntas van den Heuvel.
(van)

sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/08/01/56/486627/kapasitas-otak-manusia-mencapai-batas-maksimal

Categories: