BOSTON - Mesin bisa gantikan otak manusia? Tampaknya waktu bagi mesin menggantikan kecerdasan manusia sudah dekat. Berdasarkan hasil temuan ilmuwan Amerika Serikat, Ray Kurzweil menyatakan bahwa mesin akan mampu memiliki kemampuan layaknya otak manusia pada 2029 mendatang.

Kecerdasan buatan ini dilakukan dengan cara memasukkan robot kecil yang ditanamkan pada otak manusia yang bisa membantu mencerdaskan dan menyehatkan. Peneliti ini percaya bahwa mesin dan manusia akan bisa bergabung dan berjalan beriringan.

"Ini sungguh merupakan bagian dari peradaban kita," kata Kurzweil.

Namun temuan tentang mesin kecerdasan ini, dipastikan Ray Kurzwil tidak akan mampu menggantikan posisi manusia. Sebab mesin itu hanya mampu melakukan ratusan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia. Sementara pada level tertentu, kecerdasan manusia tetap lebih baik dan berbeda pada wilayah-wilayah lainnya.

"Saya telah membuat perangkat keras dan lunaknya, menjadi mesin yang mampu menerima kecerdasan manusia, termasuk kecerdasan emosional pada 2029 mendatang," katanya. "Kita akan memiliki nanobot dalam otak kita, membuat kita menjadi lebih cerdas," ujarnya.

Nanobot ini, kata dia, akan mampu membantu pemakaianya menjadi lebih cerdas dan bisa mengingat sesuatu secara lebih baik. Kurzweil memang salah satu pemikir yang paling berpengaruh dan mengidentifikasi tantangan hebat teknologi yang dihadapi manusia. Beberapa ahli lainnya di antaranya, termasuk pendiri Google, Larry Page, dan pionir Dr Craig Venter.

Sebanyak 14 tantangan teknologi akan diumumkan pada pertemuan tahunan American Association for the Advancement of Science di Boston. (mbs)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2008/02/20/56/85163/mesin-gantikan-otak-manusia-pada-2029

Categories: