Pengeboman PD II Mampu Pengaruhi Cuaca?

Ahmad Taufiqurrakhman - Okezone
Jum'at, 8 Juli 2011 15:15 wib
detail berita
Ilustrasi (gambar: Getty Images)
LONDON - Pengeboman yang dilakukan oleh pihak Sekutu selama Perang Dunia II secara tidak sengaja mempengaruhi cuaca saat itu di tenggara Inggris, karena menghasilkan banyak asap putih buangan pesawat terbang.

Seperti yang dikutip dari New Scientist, Jumat (8/7/2011), studi terhadap salah satu kejadian tahun 1944 tersebut diharapkan mampu menawarkan pengetahuan mengenai bagaimana asap buangan pesawat mampu mengubah cuaca.

Roger Timmis dari Lancaster Enviroment Centre di Inggris menyadari bahwa asap buangan pesawat terbang mampu memberi dampak bagi cuaca, setelah ia mendengarkan sebuah acara radio, yang mana seorang wanita tua menceritakan bagaimana langit di saat peperangan penuh dengan asap pesawat yang akhirnya berubah menjadi awan.

Asap sisa pesawat terbang dikenal memiliki beberapa efek terhadap iklim. Di satu sisi, mereka berperan sebagai selimut yang menahan panas Bumi yang akan keluar angkasa, di satu sisi mereka juga memantulkan sinar matahari yang masuk ke Bumi. Meski ada dua kemungkinan, mendinginkan atau menghangatkan Bumi, para peneliti lebih condong berpendapat bahwa asap buangan pesawat ini berdampak penghangatan Bumi.

Pada tahun 1940 trafik jalur udara masih sangat sedikit, jadi catatan sejarah pada Perang Dunia menawarkan sebuah kesempatan untuk mengujicobakan efek yang sama pada kondisi saat ini.

Menggunakan catatan operasional dari US Army Air Force, British Royal Air Force dan pusat data cuaca, para ilmuwan sadar bahwa mereka mampu membandingkan cuaca di daerah yang terdapat asap bekas pesawat terbang maupun yang tidak ada.
(ATA)
sumber:     
http://techno.okezone.com/read/2011/07/08/56/477558/pengeboman-pd-ii-mampu-pengaruhi-cuaca

Categories:

Share It