Margaret Puspitarini
Senin, 23 April 2012 13:09 wib
Ilustrasi : Corbis
Ilustrasi : Corbis
JAKARTA - Tim Indonesia memborong 11 medali dalam ajang International Conference Of Young Scientists (ICYS) ke-19 di Nijmegen, Belanda. Selain medali, tim tersebut juga mendapat penghargaan khusus di bidang matematika dan ilmu komputer.

Tim yang terdiri dari 12 siswa SMP dan SMA di bawah pimpinan tim dari Surya Institute berhasil meraih 11 penghargaan berupa satu medali emas, dua medali perak, empat medali perunggu, dan empat penghargaan khusus. Lomba presentasi karya ilmiah yang berlangsung pada 16-21 April 2012 itu diikuti oleh 22 negara dari kawasan Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Di antaranya, Belarusia, Brasil, China Kroasia, Ceko, Georgia, Jerman, Hongaria, Polandia, Rumania, Rusia, Serbia, Taiwan, dan Thailand.

Medali emas diraih untuk bidang life science karya Vinsen, siswa SMA Cita Hati Surabaya. Sedangkan medali perak diperoleh pada bidang ekologi karya Veronica Theresia (SMA Stella Duce 1 Yogyakarta) dan bidang applied physics karya Shanon Canamara (SMA Santa Laurensia Tangerang).

Untuk empat medali perunggu diraih dalam bidang life science lewat karya Mike Junet Christin Toam (SMA Negeri 3 Jayapura), Fialdy Yoshua (SMP Chandra Kusuma Medan), Adis Pranaya Yakin (SMA Stella Duce 1 Yogyakarta), dan Gde Paksi Raganata (SMA Santa Maria 1 Bandung).

Sedangkan penghargaan khusus berhasil diraih pada bidang matematika karya I Made Gita Narendar Kumara (SMA Bali Mandara, Bali) dan bidang ilmu komputer diraih melalui karya Kemal Yahya Ferdianto (SMA 6, Yogyakarta), Ganziah Iqbal Fernnda, dan Burhanuddien Ibrahim Rahmani (Madrasah Aliyah Mu'allimin, Muhammadiyah, Yogyakarta).(mrg)(rfa)
sumber ; okezone 

Categories: