Yoga Hastyadi Widiartanto - Okezone
Kamis, 5 Juli 2012 12:55 wib
detail berita
Ilustrasi tubrukan proton dengan proton di LHS (foto: Msnbc)
PARIS - Partikel Higss boson atau Partikel Tuhan yang dicari-cari selama beberapa dekade ini diyakini telah ditemukan. Setidaknya, para ilmuwan 99 persen yakin bahwa partikel baru yang ditemukanya adalah Partikel Tuhan.

Diwartakan Live Science, Kamis (5/7/2012), para ilmuwan di Large Hadron Collider (LHC) mengungkapkan bukti penemuan itu pada Rabu kemarin. Mereka melaporkan keberadaan sebuah partikel dengan bobot sekira 125 kali lipat massa proton.

"Ini sudah pasti merupakan partikel baru. Kami tahu, ini pasti sebuah boson (jenis partikel) dan ini adalah boson paling berat yang pernah ditemukan," ujar juru bicara eksperimen CMS di LHC, Joe Incandela.

Higgs boson yang memiliki nama panggilan Partikel Tuhan ini merupakan jawaban misteri dunia mengenai alasan benda-benda bisa mempunyai massa. Menurut para ilmuwan, penemuannya melambangkan satu langkah besar dalam memahami eksistensi jagad raya.

Agar benar-benar yakin telah menemukan sesuatu yang benar-benar baru, para fisikawan tersebut menunggu sampai memiliki cukup data, sehingga statistik mereka bisa mencapai level 5 sigma. Level ini berarti kemungkinan kesalahan penemuan itu hanya satu per 3,5 juta kesempatan.

"Kami mengamati di dalam data ini jelas terlihat tanda partikel baru, di level 5 sigma, dengan massa di sekitar 136 gigaelekton volt (GeV)," jelas juru bicara eksperimen ATLAS di LHC, Fabiola Gianotti.

Gigaelekton volt adalah unit massa yang menurut perhitungan kasar, sama dengan berat sebuah proton. Gianotti mempresentasikan penemuan tersebut ke hadapan para fisikawan yang berkumpul di European Organization for Nuclear Research (CERN) untuk mendengarkan hasil eksperimen LHC. Eksperimen CMS di LHC menemukan tanda sebuah partikel baru dengan massa 125,3 GeV pada kepastian di level 4,9 sigma. (amr)
sumber :okezone 

Categories: